Seni Musik dan Fungsinya

Dari jaman dahulu kala seni dibuat semata-mata hanya untuk tujuan hiburan, namun karena pengaruhnya yang begitu besar kepada masyarakat tak ayal beberapa pihak pun akhirnya menggunakan seni untuk mempengaruhi persepsi masyarakat. Salah satu seni yang paling banyak digunakan untuk alat popaganda ini adalah seni musik.
Menurut para pakar fungsi dari seni itu sendiri ada dua yaitu fungsi individual atau primer da fungsi sosial atau sekunder. Fungsi individual merupakan ungkapan pengalaman kehidupan yang direpresentasikan dalam sebuah karya. Sedangkan fungsi sosial adalah seni yang menjadi sarana bagi keperluar lain diluar seni.

Seni dalam fungsi sosial semakin berkembang luas dan merambah keberbagai bidang, bidang hiburan misalnya seni dijadikan sebagai sarana untuk melepas kejenuhan atau kepenatan hidup. Tak heran jika sejak jaman dahulu kala orang-orang rela membeli gitar mahal, semua itu dilakukan untuk bisa menghibur diri sendiri.

Fungsi yang kedua adalah komunikasi, disini seni utamanya musik dapat digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Dijaman dulu seni digunakan oleh para pejabat negara untuk memberikan informasi terkait berbagai kebijakan. Kini hal-hal seperti itu disebut sebagai seni propaganda.

Fungsi selanjutnya adalah pendidikan karens seni dapat menujukan pembentukan jiwa atau budi pekerti manusia. Pasalnya yang diolah dalam seni adalah perasaan manusia. Fungsi yang terakhir adalah religi atau keagamaan. Seni dalam keagamaan diciptakan sebagai sarana pendekatan pada sang pencipta. Dengan seni manusia berharap lebih bisa mendengar suara tuhannya.

0 Response to "Seni Musik dan Fungsinya"

Posting Komentar

wdcfawqafwef