Jenis-Jenis Keyboard

Jika anda berniat menjadi seorang keyboardist, seudah selayaknya anda belajar lebih dalam tentang alat musik yang satu ini. Tidak hanya mengetahui cara bermainnya, sejarah maupun keyboardist keyboardist paling populer. Namun anda juga harus mengerti bagian bagian teknik dan jenis-jenis keyboard itu sendiri.

Hal ini akan memudahkan anda untuk memilih dan membeli keyboard yang sesuai dengan kebutuhan. Lalu apa saja jenis-jenis keyboard yang biasanya ada dipasaran? Berikut ulasannya:

a.Keyboard mono timbral
mono artinya satu, timbral atau timbre artinya suara, jadi keyboard mono timbrak adalah keyboard yang dalam satu kesempatan dapat menghasilkan satu macam suara instrumen saja, kendati keyboard tersebut memiliki banyak macam suara. Misalnya suara piano, flute, gitar, drum dsb. Keyboard ini banyak digunakan oleh kalangan profesional. Lantaran keyboard jenis ini memiliki kualitas serta warna suara yang bagus. Contoh keyboard mono timbral adalah roland D5, roland D 50 dan yamaha DX7

b.Keyboard multi timbral
multi artinya banyak dan timbral artinya suara, jadi keyboard multi timbral adalah keyboard yang dalam satu kesempatan dapat menghasilkan lebih dari stu macam suara instrumen musik. Misalnya suara piano, gitar, flute, drum yang mampu bunyi secara bersamaan. Keyboard ini sangat cocok untuk penggatapan aransemen. Keyboard ini juga banyak digunakan untuk rekaman. Contoh keyboard multi timbral adalah yamaha SY77, roland JV series dan roland XP series.

c.Keyboard Accompaniment (iringan)
Keyboard Accompaniment adalah keyboard untuk mengiringi atau dimainkan secaralangsung. Keyboard ini sebenarnya termasuk keyboard multi timbral, yang memungkinkan kita untuk memainkan beberapa macam suara instrumen musik secara bersamaan. Inilah jenis keyboard yang paling banyak diminati, karena selain lebih efektif digunakan juga memiliki harga yang berfariasi. Contoh produk Keyboard Accompaniment adalah roland E series, roland G series, dan yamaha PSR series.

0 Response to "Jenis-Jenis Keyboard"

Posting Komentar

wdcfawqafwef