Tips tampil sempurna bermain gitar diatas panggung

Bagi gitaris pemula yang baru pertama kali tampil diatas panggung, pasti ada rasa gugup yang mendera, kegelisahan dan kecemasan akan penampilan buruk adalah hal lumrah. Biarpun sudah beli gitar terbaik dan termahal, namun itu tak cukup membuat diri tenang. Kegugupan pada penampilan pertama seperti kamu tengah menunggu guliran operasi gusi di dokter gigi.
Tentu kamu tak ingin penampilan pertamamu berantakan hanya karena rasa cemas itu kan? Karena itu kamu harus mempersiapkan diri agar bisa tampil tanpa kesalahan. Mungkin kamu bisa mengikuti saran-saran dibawah ini agar pertunjukanmu nanti spesial:

a.      Persiapan dan latihan

Rasa gelisah dan cemas itu biasanya muncul karena kurangnya persiapan. Ketika kamu paham bawa diri belum siap maka timbul rasa kurang percaya diri. Cobalah mempersiapkan dirimu dengan berbagai cara, misalnya mengikuti sekolah musik. Memang ini tidak lantas menjamin pertunjukanmu bakal sukses, tapi setidaknya kamu sudah melakukan yang terbaik. Sesekali, kamu juga bisa tampil dihadapan keluarga atau teman-temanmu. Latihan seperti ini akan memunculkan keberanianmu tampil dihadapan massa.

b.      Visualisasi

Setelah persiapan dilakukan, visualisasikan bagaimana kamu akan bermain nanti. Tutup mata dan bayangkan kamu sedang memasuki panggung, membayangkan bagaimakan kamu akan tampil. Hal ini mungkin tampak sedikit aneh, tapi benar-benar bermanfaat karena setiap detailnya sudah kamu persiapkan

c.       Ambil nafas panjang

Saat gugup cobalah ambil nafas panjang, biasanya cara ini akan membuatmu lebih rileks dan menikmati permainan. Bermainlah dengan santai, kadang kegugupan itu datang karena kita lupa untuk bernapas. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan mengisi diafragma turun dengan perut. Rusuk harus merasa seperti mengembang. Biarkan napasmu keluar melalui mulut.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/guitar/

0 Response to "Tips tampil sempurna bermain gitar diatas panggung"

Posting Komentar

wdcfawqafwef