Tips merawat gitar kesayangan

Cara terbaik dan paling murah untuk meningkatkan penampilan body gitarmu serta nadanya adalah melakukan pembersihan secara berkala. Namun, membersihkan gitar juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa panduan yang harus diikuti ketika membersihkan kotoran, minyak, keringat bahkan asap yang menempel pada body dan string gitar.

Salah penanganan dapat memunculkan resiko kerusakan permanen pada string yang akhirnya berimbas  pada menurunnya kualitas suara dan resonansi gitar. Untuk itu saya akan memaparkan bagaimana cara merawat gitar, cara ini bisa diaplikasikan untuk gitar akustik maupun elektrik:

a. Ganti string secara berkala
Idealnya kamu harus membersihkan gitar setiap kali mengubah string. Nah semakin sering mengganti string semakin sering pula pembersihan dilakukan sehinga berbagai kotoran seperti minyak dan asap rokok bisa segera dihapus. Ketika mengganti string bersihkan bagian dalam gitar menggunakan kain basah

b. Bersihkan fretboard
Bahkan ketika gitar sering dimainkan, fretboard hanya perlu dibersihkan sekali atau dua kali dalam setahun. Pembersihan itu diperlukan untuk mencegah terjadinya kelembapan yang diakibatkan oleh keringat pada jari-jari. Gunakan kain basah untuk membersihkan fretboard dan usap dengan lembut sampai keringat yang menempel pada fretboard menghilang.

Pengecualian untuk bagian yang sangat sulit dibersihkan, kamu bisa melakukan tekanan sedikit keras atau menyikatnya dengan sikat gigi kering atau bersihkan dengan kain wol baja. Sementara untuk sudut-sudut yang sulit dijangkau oleh jari kamu bisa membersihkannya dengan tepian kartu kredit atau kapas basah.

c. Lakukan pengecatan
Ada baiknya beberapa kali dalam setahun lakukan pengecatan ulang agar selalu nampak berkilau. Ingat, gunakan cat khusus gitar ya bukan semir furnitur. Meskibun sama-sama terbuat dari kayu namun cat furnitur terbukti dapat mempengaruhi resonansi gitar. Bukankan dibanding beli gitar baru lebih baik merawat dan menjaganya dengan benar?

0 Response to "Tips merawat gitar kesayangan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef