Jenis-jenis body gitar elektrik

Ada banyak jenis gitar listrik yang tersedia saat ini, namun sebagian besar yang tersedia dipasaran tersebut berkiblat pada satu gaya yang telah ada selama bertahun-tahun. Pada artikel ini kita akan mengulas jenis-jenis body gitar elektrik yang ada dipasar moderen saat ini. Gitar elektrik adalah instrumen serbaguna karena dapat digunakan untuk memainkan gaya atau genre apapun.

Pada umumnya jenis body gitar elektrik ada tiga yaitu gitar dengan solid-body, gitar semi-akustik dan elektro-akustik. Lalu apa perbedaan ketiganya? Saya akan jelaskan dibawah ini:
a. Solid Body
Seperti namanya, Solid body tidak memiliki ruang resonansi jenis apapun. Keseluruhan bagian tubuh gitar  elektrik terbuat dari kayu, dengan setiap lubang dalam tubuhnya hanya diperuntukan sebagai tempat menaruh hardware atau perangkat elektronik laiinnya. Gitar solid body adalah jenis yang paling umum dari gitar listrik.

Jika kamu ingin gitar listrik yang dapat digunakan dalam berbagai situasi dan genre musik, maka solid body ini harus masuk dalam daftar gitar listrik yang harus kamu beli. Bahan yang digunakan untuk membuat solid body sangat padat, namun suara yang keluar pada setiap jenis gitar selalu berbeda bergantung pada kualitas kayu yang digunakan. Kayu yang baik akan menjaga daya tahan gitar dari perubahan cuaca ekstream. Contoh yang termasuk dalam solid-body adalah Stratocaster dan Telecaster.

b. Semi-akustik
Gitar dengan body semi-akustik atau yang seringkali disebut hanya semi saja memiliki tubuh berongga, menghasilkan lebih hangat, dinamis dan responsif. Gitar semi-akustik masih mengandalkan amplifier, dan tidak menghasilkan suara yang dapat digunakan ketika dimainkan secara akustik. Meskipun demikian, suara gitar ini biasanya terdengar lebih 'akustik' dari gitar solid-body. Tak heran semi-akustik selalu menjadi incara gitaris blues dan jazz. Namun, gitar semi-akustik ini sangat sensitif terhadap sentuhan, oleh sebab itu kurang cocok digunakan untuk musik rock dan heavy metal pemain.

c. Elektro-akustik
Biasanya tersedia dengan pick-up dan bisa dimainkan secara akustik tenpa perlu mengunakan amplifier. Gitar jenis ini memiliki rasa sangat berbeda dengan kedua jenis yang telah disebutkan diatas dengan fretboardnya yang lebih luas sehingga cocok untuk musisi rock dan metal. Itulah dua jenis body gitar elektrik yang ada dipasaran, sudah memutuskan mau beli gitar jenis apa?

0 Response to "Jenis-jenis body gitar elektrik"

Posting Komentar

wdcfawqafwef