Ekspresif Bermain Gitar Ala Dereck Trucks

Bagi pecinta musik internasional khususnya yang fokus dengan instrumen gitar pasti sudah tak asing lagi mendengar nama Dereck Truck, gitaris Amerika berambut pirang ini merupakan satu dari ratusan gitaris dunia yang mampu sukses dengan gayanya sendiri. Sosok yang pernah masuk dalam dafatr 100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa versi Rolling Stone ini hobi memainkan berbagai genre dengan gitarnya.

Jadi, dibanding gitaris lain yang hanya fokus memainkan satu jenis lagu Trucks memilih sebaliknya, menggabungkan berbagai genre untuk menyeleraskan bunyi. Trucks dalam Guitarworld.com membagi wawasannya tentang pola permainan gitarnya yang meggabungkan antara harmonik alami dan artificial pada slide. Trucks mempelajari teknik ini dengan mengamati permainan-permainan gitaris dunia khususnya yang menggunakan gitar dengan string baja.

Trucks menjelaskan ada dua jenis harmonik di dalam dunia gitar yakni harmonik buatan [AH], yang terdengar dari suara frett note dan harmonik alami atau natural harmonic yang dibentung dari string terbuka. Trik Truck menghasilkan harmonik buatan adalah dengan menempatkan slide pada senar E pada fret kedelapan sekaligus memetik string dan menyentuhnya ringan dengan jari telunjuk dengan pick-tangan tepat 12 frets lebih tinggi, langsung di atas fret ke-20.

Hasilnya adalah harmonik buatan yang terdengar satu oktaf lebih tinggi dari notes asli. Trucks juga berusaha mendapatkan suara yang bagus dengan slide dari belakang mur yang digeser cepat ke fret 17 sehingga menimbulkan nada harmonik. Itulah tips sederhana yang selalu digunakan Trucks. Kalian juga bisa belajar mempraktekannya sendiri meskipun memang agak sulit jika tanpa ada bantuan dari pengarah yang terpercaya dan berkualitas.

Tapi itu bukan berarti kalian tidak bisa melakukannya seorang diri, beli gitar dan carilah lebih banyak referensi tentang gaya permainan Trucks maka lambat laun kalian pasti bisa menyamai permainannya meskipun mungkin tidak mirip atau bahkan mampu  bermain lebih baik.

0 Response to "Ekspresif Bermain Gitar Ala Dereck Trucks"

Posting Komentar

wdcfawqafwef